Prinsip-prinsip Penyusunan RPP

Ilustrasi penysunan RPP
Guru yang berkewajiban dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka harus memperhatikan prinsip-prinsip “Perbedaan individu siswa, dapat mendorong partisipasi siswa dalam belajar, mengembangkan budaya membaca dan menuis, megandung unsur yang dapat memberikan umpan balik (feedback) bagi guru dan siswa, keterkaitan dan keterpaduan antara komponen pembelajaran dan menerapkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.
Lebih jelasnya tentang Prinsip-prnsip Penyusunan RPP dapat kita telaah paparan di bawah ini.
1. RPP harus memperhatikan perbedaan individu peserta didik. RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
2. RPP harus dapat mendorong partisipasi aktif peserta didik. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
3. RPP harus dapat mengembangkan dan merangsang budaya membaca dan menulis. Dlam arti proses pembelajaran dirancang untuk dalam rangka mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam ba¬caan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan. Bahkan sekarang dalam penysunan RPP hars dapat mencantumkan penanaman nilai-nilai karakter budi pekerti yang bermanfaat bagi diri siswa.
4. RPP yang disusun harus dapat memberikan umpan balik dan tindak lanjut. Maksudnya RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan program remedi. Hal ini dilakkan melalui perencanaan evaluasi yang konfrehensif.
5. Prinsip Keterkaitan dan keterpaduan. Artinya RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pernlielajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
6. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Demikian tulisan singkat mudahan-mudahan dapat dijadikan salah satu acuan dan refensi dalam menyusun dan mengembangkan rencana pembelajaran yang baik dan tepat sasaran.
Sebagai pelengkap artikel atau tulisan ini saya posting juga contoh RPP Berkarakter terbaru Mata Pelajaran PAI yang mungkin berguna bagi Bapak Ibu Guru untuk dikembangkan dan diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Bagi siapa saja yang membutuhkan dan penasaran seperti apa contoh format RPP, silahkan download saja disini, berkarakter dan terbaru lo ya.. ?!. jangan lupa baca BASMALLAH terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

2 komentar: